Seminar Kampung Kota

Program Studi Arsitektur ITB menyelenggarakan seminar mahasiswa setengah hari (half day student seminar) sebagai bagian dari mata kuliah seminar AR-4151 dengan topik: Kampung Kota. Sembilan hasil studi dalam bentuk tulisan ilmiah (academic paper) akan dipresentasikan dengan sub topik:

  • kampung kreatif
  • ruang publik kampung kota
  • perumahan kampung kota

Acara ini menghadirkan pembicara tamu: Dr. Indah Widiastuti dari Kelompok Keilmuan Sjerah, Teori dan Kritik Arsitektur, SAPPK-ITB, Dr. Allis Nurdini dari Kelompok Keilmuan Perumahan dan Permukiman, SAPPK-ITB, dan Dewi Larasati, Ph.D dari Kelompok Keilmuan Teknologi Bangunan, SAPPK-ITB.

Acara diselenggarakan pada:

  • Hari/ Tanggal: Rabu, 10 Desember 2015
  • Tempat: Galeri Arsitektur ITB, Gedung Lebtek IXB
  • Pukul: 08.30
  • Acara terbuka untuk umum dan gratis.

Seminar Internal Kelompok Baskoro Tedjo Ph.D

Dalam struktur organisasi ITB, ITB terbagi ke dalam unit keilmuan serumpun fakultas/sekolah. Di dalam fakultas/sekolah, terdapat lagi unit keilmuan yang lebih kecil yang disebut Kelompok Keilmuan/Keahlian (KK). KK beranggotakan beberapa dosen/peneliti yang masing-masing memiliki minat topik keilmuan masing-masing.

Untuk mengembangkan keilmuan topik-topik yang diminati, Baskoro Tedjo Ph.D yang berada dalam Kelompok Keilmuan Perancangan Arsitektur, mulai semester 2 tahun ajaran 2010/2011 menyelenggarakan seminar internal. Seminar internal diikuti oleh semua mahasiswa program master alur desain dan riset yang berada dalam bimbingan Baskoro Tedjo Ph.D dan beberapa pembimbing 1 dan 2 yang lain yang juga membimbing mahasiswa-mahasiswa tersebut. Seminar internal menjadi tempat berbagi pengetahuan antar dosen dan mahasiswa. Masing-masing mahasiswa, punya kesempatan mendengarkan dan memahami riset yang dikerjakan oleh temannya. Sekali duduk dalam seminar internal, banyak hal yang dapat didengarkan.  Peer-learning dan akumulasi pengetahuan pun terjadi. Bagi dosen pembimbing, penggunaan waktu lebih efisien, tidak perlu mengulangi menjelaskan hal yang sama kepada mahasiswa yang berbeda. Foto di atas, suasana seminar internal kelompok Baskoro Tedjo Ph.D.