Twin Tower Office | Ardian Hario W.

Twin Tower Office | Ardian Hario W.

 

Issue

Kawasan kemayoran merupakan area rencana super block dengan fungsi komersil, hunian, dan perkantoran. kawasan ini dibagi menjadi 3 site, dimana pusatnya berada pada site Menara Jakarta. desain yang diharapkan tidak melebihi atau menyaingi Menara Jakarta, justru harus mendukung keberadaan bangunan yang akan menjadi vocal point kawasan tersebut. Area yang dibangun merupakan fungsi office dan komersil yang terletak di ujung site C-9, dengan luasan site 10 hektar. blok C9 sendiri memiliki konsep kawasan Urban Vertical Forest. dengan tujuan blok C9 sebagai latar dari bangunan utama yakni menara jakarta yang akan dibangun lebih dulu pada kawasan kemayoran. konsep kawasan ini menjadi guidelines pada tiap bangunan yang akan dirancang pada blok C9. dimana pada bangunan harus menempatkan area-area hijau baik pada selubung bangunannya maupun pada atapnya.

Respon Terhadap Kawasan

Dengan posisi site yang berada di ujung blok C9, dimana posisi ini bisa menjadi awalan/ akhiran pada skyline kota. maka respon yang dilakukan ialah membuat massing bangunan menjadi bertingkat. dalam hal ini, bangunan yang diutamakan ialah menara jakarta (sebagai pemilik hirarki tertinggi). sehingga massa bangunan dari ujung akan berundak sampai ke menara jakarta. melalui apartment di samping site yang direncanakan memiliki tinggi lebih dari bangunan office. sebagai satu kawasan kemayoran, maka desain facade bangunan office direncanakan tidak akan jauh berbeda dari menara jakarta, yaitu menggunakan curtain wall sebagai selubung bangunan. tentunya dengan tetap tanggap iklim dan merespon posisi bangunan terhadap arah matahari. Berdasarkan hasil analisis menggunakan software Ecotect, bidang yang paling terpapar matahari ialah sisi barat laut. sisi ini terpapar matahari barat paling banyak sehingga untuk mengurangi dampak panas matahari terhadap bangunan, pada bidang sisi barat laut diberikan treatmen khusus dengan menambahkan sistem sirip yang merespon secara otomatis terhadap panas matahari, sehingga suhu ruangan didalam tetap terjaga, dengan menggunakan double skin facade ini, diharapkan dapat mengurangi beban energi AC.

PLAN

Konsep Struktur Bangunan

Sistem pembalokan menggunakan sistem WAFEL tanpa ceiling, sehingga pola grid wafel dimanfaatkan juga sebagai elemen langit-langit dengan ekspose beton. Pelubangan diberikan pada plat diutamakan untuk pemipaan ringan/kecil seperti smoke detectore, sprinkler, dan kabel listrik, sedangkan untuk pemipaan besar seperti ducting diletakkan di bawah lantai (RISE FLOOR). Lubang-lubang pada wafel dimanfaatkan sebagai penempatan lampu dengan menggunakan lampu LED yang dapat menghemat penggunaan energi listrik pada bangunan. keunggulan penggunaan sistem ini ialah selain plat yang lebih rigid/ tidak bergetar, efisiensi dimensi balok dapat dikurangi sehingga floor to floor dapat lebih rendah. agar waffel dapat bekerja dengan baik, maka modul yang digunakan ialah 90×90 cm.

konsep

Konsep Bangunan Hijau

Pada banguan memiliki beberapa fitur-fitur dalam mengurangi bebean efisiensi energi seperti; solar panel yang diletakan pada rooftop dimanfatkan untuk efisiensi energi pada penerangan. Penggunaan lampu LED diharapkan dapat menghemat energi pada bangunan dimana 1 lampu LED dapat hidup selama 50.000 jam (5.7 tahun) dengan hanya menghabiskan energi sebesar 300 kWh. Rain Water Harvest dengan mempertimbangkan iklim Indonesia yang tropis dimana curah hujan sering terjadi, maka dengan memberikan area penampungan air hujan pada basement dapat membantu menghemat penggunaan air dari PDAM. Double skin facade,  diberikan pada sisi yang terkena paparan radiasi matahari paling banyak.  kulit luar ini dirancang untuk bergerak otomatis melalui respon datangnnya sinar matahari. sehingga panas matahari tidak masuk kedalam bangunan dengan harapan penggunaan energi pada AC dapat berkurang. Dan yang terakhir ialah bycycle area, ada bangunan diberikan fasilitas parkir sepeda dengan tempat shower yang diletakkan dibelakang bangunan. dengan memfasilitasi pengguna sepeda ini, diharapkan pekerja dapat mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan beralih menggunakan sepeda yang lebih sehat baik untuk tubuh juga dengan alam.

Sistem utilitas

Sayembara Desain Masjid Kampus ITB Jatinangor

SAYEMBARA DESAIN MASJID KAMPUS ITB – JATINANGOR

SAYEMBARA DESAIN MASJID KAMPUS ITB – JATINANGOR

Masjid kampus merupakan salah satu sarana yang sangat penting di dalam kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB berencana membangun sebuah masjid kampus baru di salah satu lahan kampus ITB di Jatinangor. Guna mendapatkan prarancangan yang sebaik mungkin, Insitut Teknologi Bandung akan melaksanakan sayembara prarancangan masjid kampus ITB Jatinangor. Tujuan dari sayembara ini adalah untuk mendapatkan prarancangan arsitektur  terbaik bagi pembangunan masjid kampus ITB Jatinagor.

Juri:

  • Achmad Noe’man, Ir.,  IAI (arsitek senior, perancang Masjid Salman ITB)
  • Slamet Wirasondjaja, Prof., IAI (Arsitek senior, perancang kampus Universitas Winaya Mukti)
  • Basauli Umar Lubis , Ph.D,  IAI (Arsitek senior, dosen Prodi Arsitektur ITB)
  • Robby Dwikojuliardi, MSA, IAI. (arsitek, Ketua IAI Jawa Barat, dosen pembimbing studio Prodi Arsitektur ITB, pernah menjabat dosen Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Winayamukti).
  • Soeparno Satira, Dr.  (Wakil Direktur Eksekutif ITB Kampus Jatinangor, Sekretaris merangkap anggota Majelis Pembina YPM Salman)

Pemenang sayembara akan mendapatkan hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1   Rp 30.000.000 + sertifikat
  • Juara 2   Rp 15.000.000 + sertifikat
  • Juara 3   Rp 10.000.000 + sertifikat

Biaya pendaftaran: Rp 100.000
Pendaftaran:  28 September – 24 Oktober 2012
Pengumpulan hasil sayembara:  29 Oktober 2012
Pengumuman pemenang:  2 November 2012 (tentatif)

Sayembara ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia yang memiliki gelar minimal Sarjana Teknik Arsitektur atau gelar yang setara dengan gelar itu. Untuk mendaftar sebagai peserta sayembara, calon peserta diharuskan mengirimkan email ke alamat sayembara.masjid.itb@gmail.com dengan menggunakan template form pendaftaran dan melengkapi persyaratan-persyaratan sesuai dengan Paket Sayembara Masjid ITB – Jatinangor
Kontak kami di: sayembara.masjid.itb@gmail.com

 

 

 

 

 

 

Bangunan Bambu Desain Andry Widyowijatnoko

Andry Widyowijatnoko, salah satu staf pengajar di Kelompok Keilmuan Teknologi Bangunan. Saat mengambil program magister, Andry meneliti konstruksi bambu plaster. Saat ini sedang mengambil program doktor di Jerman, masih dengan tema bambu, yaitu sambungan bambu. Selain meneliti, Andry juga merancang, masih juga dengan bahan bambu, bahkan terjun langsung di dalam pembangunannya bila memungkinkan. Keahlian memang harus fokus, pada bidang keilmuan tertentu. Foto-foto di bawah, desain Andry yang akan rampung dan diresmikan awal tahun 2011 : The Great Hall dan Bangunan Kantor, Outward Bound Indonesia, OBI Eco Campus, di Jatiluhur. Foto oleh Eko Purwono.