Program Student Exchange Kitakyushu University 2017

Implementasi dari MoA antara Department of Architecture, The University of Kitakyushu (KU) dan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, tahun 2016-2017 KU akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa S1 DAN S2 AR/AL/RK ITB untuk mengikuti program exchange selama 6 bulan di Kitakyushu antara tanggal 26 Agustus 2016 – 1 Maret 2017, dan program workshop 2 minggu mulai 14 Februari 2017- 2 Maret 2017.

Persyaratan
– Program 6 BULAN ditujukan untuk SATU ORANG mahasisa S1 AR.
– Program 2 MINGGU ditujukan untuk DUA ORANG mahasiswa S1 AR dan DUA ORANG mahasiswa S2 AR/AL/RK.
– IPK semester 1 dan 2 minimal 3.15.
– Memiliki atau dapat menyediakan paspor dan foto paspor paling lambat 15 April 2016.

1.Jika berminat isi form pendaftaran di bawah ini:

Form Pendaftaran Program Student Exchange Kitakyushu 2017.

2. Utk tahap awal calon peserta mahasiswa diminta mengirimkan registration form sebagai berikut:

Contoh Form Registrasi.

3. Berkas-berkas dan file yang disiapkan oleh mahasiswa program long dan short term exchange yang sebelumnya, referensinya sebagai berikut:

Contoh Berkas dan File.

 

Pendaftaran paling lambat 9 April 2016 pukul 23:59

Joint Workshop & Traveling Studio Arsitektur ITB dan Faculty of Architecture, Design and Planning, the University of Sydney

Program Joint Workshop & Traveling Studio antara Program Studi Arsitektur ITB dan Faculty of Architecture, Design and Planning, the University of Sydney dilaksanakan mulai 14 Januari-22 Januari di University of Sydney dan dilanjutkan tanggal 24-30 Januari 2016 di Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Australia- Indonesia Institute of the Department of Foreign Affairs and Trade, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung, Faculty of Architecture, Design and Planning, the University of Sydney dan Consulate General of the Republic of Indonesia di Sydney.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Aswin Indraprastha, PhD dan Dr.-Ing Andry Widyowijatnoko dari Prodi AR-ITB dan Dr. Rizal Muslimin dari FADP, the University of Sydney dengan melibatkan delapan mahasiswa dari ITB, lima diantaranya adalah mahasiswa program S1 dan tiga adalah dari program S2. Dari FADP, the University of Sydney mahasiswa yang terlibat sejumlah enam orang dimana tiga diantaranya adalah mahasiswa undergraduate dan tiga lainnya adalah mahasiswa graduate.

Topik yang diangkat dalam workshop ini adalah Computational Making: Nomadic Structure, yakni merancang shelter untuk pedang kaki lima dengan pendekatan komputasional menggunakan material lokal. Selama enam hari di Sydney, mahasiswa ITB mempelajari teknik dan metode komputasional dengan peralatan otomasi dan mesin untuk membuat model berskala dari desain dipilih. Selanjutnya, selama enam hari di Bandung, gabungan mahasiswa dari ITB dan University of Sydney bersama-sama membuat prototipe dalam skala 1:1 menggunakan material dan metode konstruksi berbasis lokal.

Banyak pengalaman positif yang dihasilkan dari kegiatan ini diantaranya adalah kedua kelompok mahasiswa sama-sama mengambil manfaat dari perjalanan singkat mereka. Mahasiswa ITB belajar mengalami dan bereksperimen dengan berbagai peralatan mutakhir, mencoba teknik dan metode baru dalam merancang. Di lain pihak, mahasiswa dari University of Sydney belajar konteks ketukangan lokal, material lokal dan isu-isu riil tentang street vendors di Indonesia.  Lebih dari itu, yang terpenting adalah interaksi sosial yang lintas budaya dalam suatu program akademik yang bermanfaat bagi kedua belah pihak, baik bagi mahasiswa, dan institusi.

Hasil dari program ini adalah tiga buah model prototipe tempat naungan untuk PKL yang diletakkan di beberapa titik di jalan Ganesha, Bandung.

[huge_it_gallery id=”36″]

Kitakyushu University Exchange Program

Implementasi dari MoA antara Department of Architecture, The University of Kitakyushu (KU) dan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, pada tahun 2016 KU akan memberikan kesempatan mahasiswa Arsitektur ITB untuk mengikuti Kitakyushu University Exchange Program, selama 6 bulan dan 2 minggu, masing-masing untuk 3 mahasiswa.

EXCHANGE 6 BULAN
1. Tiga mahasiswa yang terpilih mengikuti program exchange harus datang di KU sebelum 10 Januari 2016  dan kembali setelah 10 Juli 2016. Boleh datang lebih cepat atau memperpanjang masa tinggal di Jepang atas biaya sendiri.
2. Mahasiswa yang mengikuti program ini mengambil 0 sks pada semester 4 (semester 2 2015/2016). Mata kuliah tesis yang seharusnya diambil di semester 4 diambil di semester 5.
3. Peserta wajib mengikuti semua kegiatan yang direncanakan KU termasuk mengambil beberapa mata-kuliah dan mengikuti workshop ataupun seminar.
4. KU menyediakan beasiswa sebesar 80 ribu yen per bulan. Dari 80 ribu tersebut, sekitar 50-60 ribu yen akan digunakan untuk membayar biaya penginapan (termasuk listrik, gas, air dan biaya partisipasi workshop/seminar).
5. Biaya perjalanan Indonesia – Jepang pp, tambahan biaya hidup, dan biaya jalan-jalan ditanggung sendiri oleh peserta.
6. SAPPK/ITB kemungkinan memberikan bantuan dana (belum pasti dan jumlah belum dapat ditentukan).

WORKSHOP 2 MINGGU
1. Tiga mahasiswa yang terpilih mengikuti program workshop harus datang di KU sebelum 15 Februari 2016  dan kembali setelah 1 Maret 2016. Boleh datang lebih cepat atau memperpanjang masa tinggal di Jepang atas biaya sendiri.
2. Mahasiswa yang mengikuti program ini tidak dapat mengikuti kegiatan akademik di kampus selama 2 minggu.
3. Peserta wajib mengikuti semua kegiatan yang direncanakan KU termasuk mengikuti workshop ataupun seminar.
4. KU menyediakan beasiswa sebesar 80 ribu yen. Dari 80 ribu tersebut, sekitar 50-60 ribu yen akan digunakan untuk membayar biaya penginapan (termasuk listrik, gas, air dan biaya partisipasi workshop/seminar).
5. Biaya perjalanan Indonesia – Jepang pp, kekurangan biaya hidup, dan biaya jalan-jalan ditanggung sendiri oleh peserta.

PERSYARATAN PESERTA
1. Program ini dapat diikuti mahasiswa Program Studi Magister Arsitektur, Magister Arsitektur Lanskap, Magister Rancang Kota angkatan 2014.
2. IPK semester 1 dan 2 minimal 3.15.
3. Mahasiswa yang mendaftar dan terpilih sanggup menyiapkan paspor dan foto paspor 35 mm x 45 mm paling lambat tanggal 16 November 2015.

PENDAFTARAN
Mahasiswa yang berminat mengikuti program exchange selama 6 bulan atau workshop 2 minggu di KU, isi form pendaftaran (klik di sini).