Honorable Mention – ARKxSITE Competition 2016

ARKxSITE adalah suatu platform bagi kompetisi arsitektur internasional yang bertujuan untuk mengembangkan ide, gagasan melewati batasan budaya dan geografi. Inisiasi kompetisi ditujukan kepada para mahasiswa arsitektur dan profesional untuk menyajikan perspektif dan strategi baru yang inovatif pada suatu kawasan yang memiliki kandungan sejarah dan nilai budaya tertentu.

Kompetisi ARKxSITE 2016, alumni Program Studi Arsitektur ITB yakni:

  1. Christopher Bonauli (AR 2010), Kania Thea (AR 2010), Ihvan Pahrevy (AR 2011) berhasil mendapatkan penghargaan: Honorable Mention (Top 10) dari sekitar 150 peserta, untuk kategori: Lake Bath, Lagoa Comprida, Portugal, dengan juri: Fran Silvestre (Spain) -Fran Silvestre Arquitectos, Marc Jay (Denmark) – WE architecture, Mauro Turin (Argentina / Switzerland) -Mauro Turin Architectes.
  2. Aisha Prisahmayati (AR 2010), Christopher Bonauli (AR 2010), Ihvan Pahrevy (AR 2011) berhasil mendapatkan penghargaan: Honorable Mention (Top 10) dari sekitar 150 peserta, untuk kategori: Visitor Center, Cromeleque Dos Almendres, dengan juri: Alessandro Tessari and Matteo Bandiera (Spain / Italy) -ETB, Lapo Ruffi (Italy) – Lapo Ruffi, Rubén Alcolea and Jorge Tárrago (Spain) – Alcolea+Tárrago.

Selamat untuk para pemenang, semoga bisa memberi semangat untuk adik-adiknya di sekolah.

PageLines-LB15096.jpg

 

Kuliah Tamu: Budi Pradono

Arsitek Budi Pradono, IAI, hari ini tanggal 26 Februari 2016 memberikan kuliah tamu dengan topik: Architecture as a Device, yang menyoroti beberapa hal diantaranya: peranan desain arsitektur sebagai alat kritik terhadap lingkungan atau kawasan, sebagai alat untuk men-dekonstruksi sebuah kemapanan fisik dan sebagai alat untuk mempertanyakan esensi-esensi perilaku manusia.

Beberapa contoh karya-karya baik di dalam maupun di luar negeri dipresentasikan dengan sekaligus menjelaskan riset, pendekatan dan metode perancangan yang dilakukan pada setiap proyek. Beberapa karya Budi Pradono dikenal dengan pendekatan yang metaforik dan dihasilkan melalui analisis pemrograman yang kuat dan komprehensif. Budi Pradono juga menyirati teknik dalam proses desain dengan model fisik atau maket sebagai teknik paling baik untuk memahami pemrograman secara tiga dimensional, memahami kualitas spasial serta media paling bagus untuk berkomunikasi dengan pihak- pihak lain.

Beberapa hal yang menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh calon arsitek adalah:

  1. Banyak membaca dan memahami teori- teori arsitektur dan kaidah- kaidah perancangan yang ditulis oleh arsitek, maupun akademisi, yang akan memperkaya khazanah pengetahuan dan memperluas wawasan.
  2. Pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga. Arsitek harus mengalami berbagai hal dalam hidupnya agar memperkaya  dan menempa diri agar muncul integritas dan karakter diri sendiri.

Bahan presentasi dapat diunduh di sini.

[huge_it_gallery id=”43″]

Kuliah Tamu: Archica Danisworo

Pada hari Senin, 22 Februari 2016, kelas AR-5290 Studio Desain II, Magister Arsitektur Alur Desain mengundang Ir. Archica Danisworo, atau biasa dipanggil Chiko untuk memberikan paparan dengan topik: “Multi-story Residential Design: a Professional Perspectives“.

Materi paparan dibagi menjadi tiga bagian yakni: teori, kasus studi dan diskusi. Teori- teori pada bangunan berlantai banyak untuk fungsi hunian meliputi beberapa jenis tipologi apartemen dimana terdapat tiga elemen kunci dalam mendefinisikan tipologi hunian individual yakni:

  1. Jumlah kamar tidur, yang dipengaruhi oleh lokasi, demografi.
  2. Jumlah lantai dalam setiap unit, yang dipengaruhi oleh lokasi, demografi dan kebutuhan ukuran hunian.
  3. Aspek, yang dipengaruhi oleh potensi tapak, batasan (constraints), pandangan (view), orientasi, cahaya matahari, dan sistem akses bangunan.

Selain hal itu, terdapat beberapa standar jenis-jenis perhitungan luasan ruang berdasarkan utilisasinya: nett area, semi-gross area dan gross area,  yang sedikit banyak berpengaruh terhadap komposisi ruang dalam desain interior.

Beberapa faktr utama dalam menentukan desain apartemen adalah:

  1. Lokasi dan aksesibilitas
  2. Target pasar
  3. Harga
  4. Kondisi pasar
  5. Regulasi pemerintah

 

Materi presentasi dapat diunduh di sini.

[huge_it_gallery id=”42″]