Pameran Tugas Akhir April 2016- Epilogue April 2016

Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma bekerjasama dengan Program Studi Arsitektur ITB menyelenggarakan Pameran Tugas Akhir EPILOGUE – April 2016, di Galeri Arsitektur ITB, 28 Maret hingga 1 April 2016 dari jam 09.00-17.00. Sebanyak kurang lebih tiga puluh karya tugas akhir dipamerkan kali ini dengan proyek akhir mulai dari resor, gedung konser musik, stasiun MRT, pusat kebudayaan dan lainnya. Empat orang calon wisudawan memperoleh predikat Cum Laude dalam wisuda April 2016 yakni:

  1. Gagas Firas Silmi
  2. Dyah Ayu Pitaloka
  3. Catherine Erikania Hadiputeri
  4. Arief Rachman Hidayat

Rata- rata IP para calon wisudawan kali ini adalah 3.33 dengan IP tertinggi diraih oleh Made Harris Kuncara, 3.60.

Program Studi Arsitektur mengucapkan selamat kepada para calon wisudawan dan selamat berpameran.

Teaser Pameran EPILOGUE April 2016

[huge_it_gallery id=”47″]

 

Workshop Desain Inklusi ITB-UKP-UBCHEA-BILIC

Hari Sabtu, 26 Maret 2016 bertempat di Galeri Arsitektur ITB, diadakan workshop singkat tentang Desain Rumah dan Unit Apartemen yang ramah terhadap difabel atau dengan istilah lain yakni Desain Inklusi. Acara ini kerjasama antara Prodi Arsitektur ITB, Universitas Kristen Petra, Bandung Independent Living Center (BILIC) dan UBCHEA. Dalam kesempatan ini Gunawan T, ST., M.Sc, selaku pembicara utama dan dosen UK-Petra memaparkan prinsip- prinsip desain inklusif dan diskusi langsung dengan para user yang tergabung dalam beberapa komunitas dan asosiasi. Acara ini diikuti oleh sekitar 70 orang yang terdiri dari mahasiswa ITB, UPI, kalangan praktisi dan komunitas serta staf pengajar dari beberapa perguruan tinggi.

Beberapa konsep baru desain inklusi adalah:

  1. User Centered
  2. Equitable but Reasonable Use
  3. Simple and Intuitive Use
  4. Low Physical Effort
  5. Prohibition of Usage Error

Workshop ini sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan khususnya bagi mahasiswa arsitektur terkait aspek-aspek prinsipil dalam konsep barrier-free design. Lebih lanjut tentang prinsip dan panduan perancangan untuk difabel dan konsep Barrier-free Design  dapat dilihat pada tautan ini.

[huge_it_gallery id=”46″]

Program Student Exchange Kitakyushu University 2017

Implementasi dari MoA antara Department of Architecture, The University of Kitakyushu (KU) dan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, tahun 2016-2017 KU akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa S1 DAN S2 AR/AL/RK ITB untuk mengikuti program exchange selama 6 bulan di Kitakyushu antara tanggal 26 Agustus 2016 – 1 Maret 2017, dan program workshop 2 minggu mulai 14 Februari 2017- 2 Maret 2017.

Persyaratan
– Program 6 BULAN ditujukan untuk SATU ORANG mahasisa S1 AR.
– Program 2 MINGGU ditujukan untuk DUA ORANG mahasiswa S1 AR dan DUA ORANG mahasiswa S2 AR/AL/RK.
– IPK semester 1 dan 2 minimal 3.15.
– Memiliki atau dapat menyediakan paspor dan foto paspor paling lambat 15 April 2016.

1.Jika berminat isi form pendaftaran di bawah ini:

Form Pendaftaran Program Student Exchange Kitakyushu 2017.

2. Utk tahap awal calon peserta mahasiswa diminta mengirimkan registration form sebagai berikut:

Contoh Form Registrasi.

3. Berkas-berkas dan file yang disiapkan oleh mahasiswa program long dan short term exchange yang sebelumnya, referensinya sebagai berikut:

Contoh Berkas dan File.

 

Pendaftaran paling lambat 9 April 2016 pukul 23:59