Pemutaran Film dan Diskusi: Pruitt-Igoe

Ikatan Alumni Arsitektur ITB, Architecture Sans Frontiers, Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma menyelenggarakan acara nonton film dan diskusi tentang Pruitt-Igoe, sebuah proyek rumah susun di USA tahun 1960-an yang terpaksa harus dibongkar akibat kebijakan yang tidak tepat sasaran.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum dan dilaksanakan pada:

  • Hari dan Tanggal: Rabu, 1 Juni 2016
  • Tempat: Ruang 6101 lantai dasar gedung arsitektur ITB.

Call for Entries – the 5th Asian Contest of Architectural Rookies Award

Asian Architecture Rookies Award bekerjasama dengan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan kontes internasional tugas studio mahasiswa. Syarat- syaratnya adalah:

  1. Tugas studio yang diikutsertakan adalah tugas TINGKAT 3 (3190 atau 3290).
  2. Nilai tugas tersebut adalah A atau A- (atau AB).
  3. Satu partisipan HANYA diperbolehkan mengirimkan satu karya
  4. Berbahasa Inggris.

Pengumpulan karya mulai 30 Mei 2016 hingga 25 Juli 2016.

Ketentuan lainnya dapat dilihat pada laman berikut.

Sefaira, Software Analisis Pencahayaan dan Efisiensi Energi

Mulai Maret 2016, Program Studi Arsitektur ITB memperpanjang kerjasama lisensi dengan Sefaira untuk Sefaira Architecture yang dapat digunakan pada Autodesk Revit dan SketchUp hingga Maret 2017.

Sefaira adalah software untuk menganalisis pencahayaan alami dan penghematan energi yang merupakan plug-in software SketchUp maupun Autodesk Revit.

Software ini digunakan pada mata kuliah AR-5121 Arsitektur Digital sebagai salah satu perangkat dalam menganalisis dan mensimulasikan pencahayaan alami maupun penggunaan energi.

2

Lisensi diberikan kepada mahasiswa arsitektur ITB baik sarjana, magister maupun doktor. Syarat lainnya adalah, di akhir perkuliahan, mahasiswa harus melaporkan hasil tugas menggunakan software Sefaira kepada pengampu mata kuliah.

Mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan lisensi software ini dapat menghubungi Kaprodi di: aswin@itb.ac.id