Nuansa Kolonial di Era Modern

15214021 | ALBERT GIANTA MARGONO

Lokasi : Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat

Suasana Jalan Asia Afrika          Alun - alun kota Bandung          Suasana Jalan Asia Afrika 2

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu tempat yang bersejarah dan berarti bagi seluruh negara di Asia Afrika dimana telah terjadi sebuah peristiwa penting yakni konferensi Asia Afrika yang memberikan pengaruh besar bagi Negara – negara di Benua Asia dan Afrika.

Bangunan – bangunan heritage bergaya art-deco masih banyak ditemui di sepanjang jalan Asia-Afrika ini. Jalan yang merupakan titik nol kota Bandung ini masih memiliki nuansa kolonial masa Hindia Belanda oleh karena bangunan – bangunan Belanda yang masih dipertahankan dan dipelihara sampai sekarang. Jalur Pedestrian yang lebar, lampu – lampu jalan dan Bangku – bangku yang ornamentalis serta bola batu yang melambangkan tiap negara dalam konferensi Asia Afrika semakin membuat lokasi ini seperti berada di negeri Eropa.

Jalan ini merupakan jalan yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat Bandung dikarenakan posisinya yang berada dekat dengan Alun – alun kota Bandung. Jalan ini juga dekat dengan jalan braga yang terkenal akan nuansa khas Bandung Tempoe doeloe. Tempat yang menarik dikunjungi di jalan ini adalah cikapundung river spot yang sering dijadikan tempat untuk festival dan konser musik. Suasana khas Hindia Belanda ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Kenyamanan dan Mood

Suasana Jaman Doeloe dari bangunan-bangunan di jalan Asia Afrika memberikan kenyamanan tersendiri kepada saya setiap kali berada disana. Saya juga adalah orang yang menyukai keramaian. Jalanan yang penuh keramaian kendaraan dan suasana keramaian ketika ada festival membuat hati saya gembira dan senang. Perasaan senang ini mampu membuat saya betah berlama – lama untuk duduk – duduk di bangku pedestrian jalan ini.

Suasana Jalan Asia Afrika 3          Kutipan Pidi Baiq

Citra / Image

               Bangunan – bangunan heritage di sepanjang jalan Asia Afrika memberikan nuansa dan image kolonial di era modern sekarang ini. Bangunan – bangunan seperti museum Asia Afrika dan Gedung Merdeka menyimpan begitu banyak sejarah yang sangat membuat saya tertarik dan penasaran dengan peristiwa yang telah terjadi puluhan tahun lalu di tempat ini.Seringkali juga saya membuat beberapa sketsa kecil untuk bangunan ini.

Gedung Merdeka

Ekonomi

Kawasan jalan Asia Afrika ini sesungguhnya sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata sejarah di kota Bandung yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kota Bandung. Cikapundung riverspot sendiri dapat dijadikan sarana pengembangan ekonomi dan kreatifitas masyarakat Bandung dengan sering diadakannya festival di kawasan ini.

Pet Shop yang Menyenangkan

152 14 023 |Angkasa Putra Tatan

Rumah Guguk merupakan sebuah pet shop yang didirikan pada tahun 2012 berluaskan 1000 kaki persegi. Rumah Guguk Pet Shop berlokasi di Jalan Pada Lestari 23, Setiabudi, Bandung. Bagian depan atau Entrance Rumah Guguk Pet Shop dipenuhi oleh barang-barang yang berhubungan dengan anjing, seperti mainan anjing (bola tenis), buku tentang anjing, patung anjing, makanan anjing, dan sebagainya. Rumah Guguk Pet Shop juga memiliki halaman belakang yang cukup luas dan hijau untuk tempat bermain anjing dan pemiliknya yang dapat dilihat dari seluruh sisi ruangan Pet Shop. Di Rumah Guguk Pet Shop, kita dapat melihat anjing-anjing peliharaan yang lucu berada di dalam kandang. Kita dapat memanggil atau mengetuk-ngetuk kaca untuk menarik perhatian mereka. Kita juga dapat melihat anjing-anjing yang sedang diberikan perawatan. Juga, terdapat tempat makan untuk kita yang mungkin merasa lapar ketika sedang menunggu anjing peliharaan kita diberikan perawatan atau untuk yang sekadar ingin mencoba menu makanan di Rumah Guguk Pet Shop.

Halaman Belakang dari Entrance

Sampai sekarang, saya masih sering teringat saat-saat saya berada di Rumah Guguk Pet Shop. Rumah Guguk Pet Shop merupakan tempat yang menyenangkan, membahagiakan, dan membuat saya ingin kembali lagi ke sana bersama teman-teman saya. Rumah Guguk Pet Shop meninggalkan kesan baik bagi diri saya.

Rumah Guguk Pet Shop mewadahi dan memfasilitasi saya sehingga saya dapat melakukan kegiatan-kegiatan, interaksi, dan komunikasi yang menarik serta menyenangkan bersama teman-teman saya. Kegiatan-kegiatan, interaksi, dan komunikasi saya dengan teman-teman saya di Rumah Guguk Pet Shop yang menyenangkan serta membahagiakan waktu itulah yang sampai sekarang masih membuat saya memiliki kesan bahwa Rumah Guguk Pet Shop merupakan tempat yang menyenangkan bagi saya. Rumah Guguk Pet Shop juga memiliki hubungan yang baik antara ruang dalam dan ruang luar sehingga saya merasa nyaman ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman-teman saya di dalam Rumah Guguk Pet Shop.

Hubungan Baik Ruang Dalam dan Halaman Belakang

Secangkir Kopi dan Gemerlap Malam Kota Bandung — Kopi Ireng

15313005

1462118475990

 

Kopi Ireng, sebuah “warung” kopi yang terletak di Jalan l. Bukit Pakar Timur Ciburial No. 1 Bandung berdiri tinggi diatas lahan berkontur curam. Kedai kopi ini terdiri dari bangunan utama yang berisi meja-meja, dapur dan kasir, serta beranda di sisi tangga yang berisi meja. Untuk mencapai bangunan utama, kita harus melewati tangga yang tinggi, namun jerih payah yang diupayakan akan sepadan sesampainya di atas

1462118470193
Saat berjalan dari area parkir ke gerbang utama dan bertemu dengan tangga yang murni menggunakan material batu, rasanya seperti masuk ke dalam mesin waktu yang memindahkan kita ke era yang berbeda. Era dimana semua terasa kental dengan budaya tradisional, damai dan jauh dari konflik kehidupan. Unsur tradisional ini didukung satu material yang sangat dominan untuk bangunan: kayu. Penggunaan kayu ini meliputi struktur hingga ornamen-ornamen detail dan furniture seperti railing, segala ukiran, pot tanaman dan meja. Dari lobby yang double height, terlihat meja di kanan dan kiri, juga di atas balkon, membuat pengunjung merasa kecil terhadap kesan yang megah.

1462118474328

Mencari tempat duduk yang nyaman dirasa sangat mudah karena entah mengapa, semua meja mempunyai lokasi unik yang memberikan pengalaman berbeda. Kali pertama saya berkunjung, saya duduk di balkon, dimana saya mendapat kesan tenang dan sunyi, namun ditemani sajian kopi dan makanan dengan bumbu gemerlap lampu kota Bandung.

2

Untuk kedua kalinya, saya duduk di lobby tepatnya di pinggir tangga untuk lebih merasakan pengalaman yang diberikan oleh bangunan ini sendiri. Walau pemandangan tidak didapat dengan maksimal di lokasi ini, terasa sensasi lain berupa belaian angin malam di dataran tinggi dan kehangatan dari kombinasi warna coklat material kayu dan penerangan yang cenderung kuning, serta suara bisikan pengunjung-pengunjung lain yang bercengkrama.

1462118488303

Di Kopi Ireng, saya dapat merasakan tenangnya berada di tempat yang jauh dari keramaian kota. Seperti sebuah tempat rahasia di atas bukit untuk melepas penat, sebuah ruang bebas dari masalah duniawi, suatu tempat magis dalam dongeng. Tidak dapat dipungkiri, kopi yang enak juga memberi kontribusi terhadap pengalaman keseluruhan untuk tempat ini. Yang jelas, semua yang dapat dirasakan dengan seluruh indera saya di tempat ini adalah rasa favorit yang membekas, rasa favorit yang akan selalu saya cari.