Program Studi Sarjana Arsitektur ITB

Pengembangan metode pembelajaran telah dilakukan pada Program Studi Arsitektur ITB, untuk memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas desain di dalam studio. Model pembelajaran yang dikembangkan menyangkut bidang-bidang pengajaran:

1. Perancangan tapak
2. Perancangan bangunan berdasarkan tipologi (rumah sakit, museum, sekolah, pusat perbelanjaan)
3. Perancangan struktur dan konstruksi
4. Perancangan perumahan dan pemukiman
5. Perancangan dengan pendekatan tertentu: tektonik dan bentuk

Model pembelajaran yang digunakan, selain melalui perkuliahan di kelas oleh staf pengajar, juga dengan mendatangkan para praktisi profesional. Metoda yang pengajaran yang dikembangkan pada matakuliah studio juga telah diarahkan semirip mungkin dengan studio pada praktek profesional agar para mahasiswa terbiasa dengan sistem yang digunakan dalam dunia profesional. Standar penggambaran dan presentasi pada matakuliah studio juga telah mengikuti standar baku yang berlaku pada dunia profesional.

Sistem konsultasi atau asistensi yang interaktif digunakan dalam proses pembelajaran untuk matakuliah studio, dimana dosen pembimbing selain bertindak sebagai pengajar yang memberikan arahan-arahan dalam mendesain, juga memberikan simulasi praktek profesional dan menempatkan diri sebagai klien yang pada dunia profesional akan mengajukan tuntutan kebutuhan dan permintaan desain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Sistem pengajaran dan pendidikan seperti ini terbukti sangat efektif mengasah kemampuan mahasiswa memahami keinginan pemberi tugas.

Selain itu, pemberian tugas juga diselingi dengan kasus-kasus nyata atau tugas yang diangkat dari proyek nyata, dilengkapi dengan kondisi lahan yang nyata pula, sehingga mahasiswa menjadi lebih peka terhadap kondisi riil di lapangan. Pola sistem pengajaran seperti diuraikan di atas menjadikan para lulusan Program Studi Arsitektur lebih siap untu terjun di dunia profesional.

Kurikulum 2013 Program Studi Sarjana Arsitektur SAPPK ITB
Kurikulum 2008-2013 Program Sarjana Arsitektur SAPPK ITB

Comments are closed.



 
PageLines