Gereja HKBP Serpong | HEPTA Desain

ARSITEK PRINSIPAL | LEADER
Ir. Jimmy Purba, MT, IAI

Gereja ini dirancang dengan menawarkan tipologi baru untuk sebuah gereja tropis dengan atap yang tinggi dan besar. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kondisi cuaca dan lingkungan. Secara umum, tipologi gereja komunitas etnis Batak adalah jenis bangunan seperti gereja di Jerman pedesaan (berasal dari misionaris yang menyebarkan Nasrani di daerah Batak), yang memiliki atap yang besar dan menara lonceng di sisi depan. Tipologi ini diterapkan di seluruh bangunan gereja HKBP dengan lingkungan yang berbeda, baik di daerah perkotaan maupun di desa.
Desain gereja ini mencoba mengkritisi tipologi itu dan membuat rancangan berdasarkan ‘dialog’ dengan lingkungan dan masyarakat batak tersebut. Gereja-gereja di kota umumnya memiliki ruang yang kompleks yang sangat cocok untuk masyarakat yang heterogen dan plural dalam kota. Gereja ini diharapkan menjadi ruang publik yang baik bagi masyarakat tanpa mengurangi privasi masyarakat tersebut. Arsitektur rumah panggung berbentuk seperti sebuah kapal. Inilah yang menjadi ide utama pada hubungan bangunan utama dan halaman. Area ruang luar dan taman yang ada dirancang agar dapat menjadi ruang interaksi sosial, seperti di desa tradisional Batak Toba.

TIM ARSITEK
Riana Safitri (DI ITB94)
Rinaldi Ridwan
Lois Martin
Victor Vembrianto (AR ITB04)
Andri Dharma (AR ITB04)
Aris Adhi Nugraha (AR ITB06)
T. Fahmi Ferdiansyah (AR ITB06)
Aris Munandar (AR ITB06)
Julius F Siregar (AR ITB07)
Ganesha Gunadharma M (AR ITB08)
Diana Carolyn Siahaan (AR ITB10)
Cristian Ihotasi Siregar

PEMILIK | PENGGUNA JASA
HKBP Serpong
Alamat Proyek : Jl. Oliander VI Blok O No. 1 Kompleks Villa Melati Mas,
Serpong, Kota Tangerang Selatan 15310

FUNGSI BANGUNAN
Rumah Ibadah

KONSULTAN YANG TERLIBAT
Konsultan yang terlibat :
1. Struktur : Ir. Todung Siagian
2. Akustik : Credo/ Atok Purnomo
3. MEP : Leonard Purba
4. QS : PT. Ruang Jelajah

INFORMASI LAIN
Tahun Perencanaan & Pembangunan : Perencanaan 2009 – 2011, konstruksi 2010 – 2014
Luas Lahan : 3810 m2
Luas lantai dasar bangunan : 705 m2
Luas Bangunan : 1848 m2
Keterangan Material Struktur & Konstruksi yang digunakan :
Struktur Bangunan – Beton bertulang dan baja
Struktur Atap –  Baja

HKBP Serpong (2) HKBP Serpong (1) HKBP Serpong (3) HKBP Serpong (4)HKBP Ressort Serpong - View 1HKBP Ressort Serpong - View 2HKBP Ressort Serpong - View 3HKBP Ressort Serpong - View 4HKBP Ressort Serpong - View 5Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (1)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (2)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (7)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (8)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (9)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (10)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (11)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (12)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (13)Gereja HKBP Serpong - Jimmy Purba (14)

Comments are closed.



 
PageLines