Kemayoran Tropical Urban Office | Padhang Harryndra

Kemayoran Tropical Urban Office
Office Tower di kawasan CBD Kemayoran, Jakarta
AR5190 Studio | Padhang Harryndra | 25215007

Konsep Desain

Fasad bangunan merupakan salah satu hal utama dari desain arsitektural yang berfungsi untuk performa bangunan secara visual. Fasad bangunan yang dirancang secara langsung akan berdampak dan akan menentukan dua hal yang sangat penting, yaitu efek esternal dan efek internal dari bangunan itu sendiri. Pada hal yang berkaitan dengan efek internal, fasad akan sangat mempengaruhi suasana ruang dalam yang terbentuk, misalnya bagaimana ruang-ruang dalam yang terselimuti, apakah itu segi pencahayaan maupun penghawaannya. Sedangkan dampak eksternal dapat diartikan menjadi dampak bagi keserasian lingkungan, apakah hal tersebut selaras dengan lingkungan atau justru kontras.

Persoalan fasad bangunan tidak hanya akan berhenti pada persoalan estetika saja, namun dengan munculnya desain fasade bangunan yang semakin kompleks, maka hal tersebut akan menandai munculnya persoalan konstruksi, fabrikasi, hingga performansi menjadi bagian utuh dari desain sebuah fasad bangunan tersebut. Sebagai contoh, fasad yangmemunculkan efek visual terlalu mendominasi dan kontras sekali terhadap lingkungan sekitar akan memberikan kesan terpisah / terdikotomi terhadap lingkungan sekitarnya. Sebaliknya fasad yang didesain dengan pendekatan keserasian akan mampu terlihat lebih adaptif akan memberikan kesan blend  dengan lingkungannya. Aspek-aspek penyelesaian persoalan fasad bangunan dapat merujuk pada konteks lingkungan, sosial, bahkan kota dalam skala yang lebih luas.

Permasalahan

Permasalahan perancangan pada kasus Apartemen Jarrding ini merupakan permasalahan yang berkaitan antara dua hal penting, baik secara eksterior maupun interior. Bagi permasalahan eksterior, Apartemen Jarrdin berdiri diatas lahan pemukiman padat penduduk, bersebelahan dengan Sungai Cikapundung. Hal ini menjadi persoalan bagi masyarakat sekitar, selain merasa terganggu, skala yang begitu mendominasi seolah-olah terlihat mengintimidasi lingkungannya. Dengan bentuk massa bangunan yang terlihat “bulky”, maka dominasi Jarrdin pada kawasan sekitarnya begitu terlihat sangat jelas.

Comments are closed.



 
PageLines