Kemayoran Business Office | Tri Amartha Wiranata

Kemayoran Business Office | Tri Amartha Wiranata

Daerah kemayoran di Jakarta merupakan sebuah kawasan dengan konsep kota baru yang direncanakan menjadi International Trade City. Dengan luas keseluruhan sebesar 454 Ha akan direncanakan 80% luas lahan untuk menjadi International Bussiness sedangkan untuk 20% akan difungsikan sebagai lahan hijau. Berdasarkan perencanaan kota tersebut maka dibutuhkan suatu rental office untuk mewujudkan daerah kemayoran menjadi International Bussiness.

Pada kawasan kemayoran direncanakan sebuah superblok dengan pembagian lahan kawasan Blok C7 dan Blok C9. Selain itu kawasan ini berbatasan langsung dengan superblok menara Jakarta maka dari itu akan direncanakan sebuah koneksi dengan mengutamakan pergerakan melalui pedestrian antara kedua Blok dan menara Jakarta. Tidak hanya itu, koneksi antara beberapa fungsi bangunan di dalam blok kawasan juga diutamakan, guna untuk menghidupkan daerah kemayoran sebagai superblok yang saling berintegrasi satu sama lain.

Kemayoran Bussiness Office merupakan salah satu rental office yang menawarkan kantor untuk melaksanakan fungsi kegiatan bisnis. Berdiri di lahan 5026 m2, Kemayoran Bussiness Office memiliki 45 lantai dengan 3 lantai podium dan 42 lantai untuk tower office yang merupakan bagian saleable area.

Untuk merespon masalah lingkungan dan isu penggunaan energi, Kemayoran Bussiness Office menerapkan beberapa pendekatan desain yaitu salah satunya dengan menerapkan konsep Green Design. Mengingat bangunan office merupakan bangunan High-Rise Building maka penting dilakukan sebuah simulasi untuk menentukan seberapa besar thermal atau panas yang diterima bangunan sebagai respon terhadap penggunaan energi terutama pada pemanfaatan penghawaan buatan. Simulasi dilakukan pada beberapa transformasi bentuk yang akhirnya memberikan bentuk akhir sebagai bentuk terbaik untuk mengurangi panas pada fasad bangunan. Pemilihan fasad yang baik juga dapat mengurangi konsumsi energi dari bangunan seperti penggunaan Double-Skin Facade sebagai sebuah solusi untuk mengurangi panas yang diterima pada fasad bangunan.

Pencegahan atau Awarness terhadap bahaya – bahaya di bangunan sangat diperhatikan pada Kemayoran Bussiness Office ini. Salah satunya ialah keselamatan pada kebakaran atau Fire Safety, yaitu dengan menerapkan aturan – aturan yang berlaku seperti SNI atau Peraturan Menteri untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Comments are closed.



 
PageLines