MALL OF KEMAYORAN | RAHAYU SITHA D.

 

MALL OF KEMAYORAN | RAHAYU SITHA D.

Keberadaan mall kini di kota-kota besar telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Dengan fungsi utama sebagai tempat berbelanja, Mall juga dapat dijadikan tempat berkumpul, hangout bahkan berekreasi dikala masyarakat perkotaan butuh hiburan selepas melakukan aktivitas yang padat. Banyak dari masyarakat di perkotaan yang betah berlama-lama di Mall. Hal ini dirasa sangat wajar, Mall yang mudah diakses akan membuat orang-orang kemudian menjadikan Mall ini tidak hanya sebagai tempat berbelanja, namun juga sebagai tempat bersosialisasi, tempat berkumpul dan mengadakan pertemuan.

Mall of Kemayoran merupakan salah satu fungsi commercial leisure di Lot C7 dan C9 yang menjadi site kawasan proyek Studio 1 AR5190. Site ini berlokasi dekat dengan JIEXPO Kemayoran dan tepat di belakang proyek Menara Jakarta. Di dalam kawasan CBD Lot C7 dan C9 ini terdapat beberapa tower dengan fungsi hunian /apartemen, kantor sewa dan komersial di bagian podium. Untuk fungsi komersial / Shopping Mall di dalam kawasan dibagi menjadi empat tema yang berbeda, yaitu lifestyle, daily goods, sport dan food & beverage. Keempat tema ini kemudian mendukung fungsi lainnya di dalam kawasan dimana tiap-tiap Mall menyediakan kebutuhan yang berbeda-beda sehingga menghadirkan suasana yang berbeda-beda pula bagi para pengunjung.

Mall of Kemayoran merupakan Lifestyle Shopping Mall yang lebih banyak menyediakan barang dan fasilitas yang menunjang gaya hidup masyarakat. Mall of Kemayoran merupakan bagian podium dari tower yang terletak di pintu masuk kawasan C7 dan C9, dan berseberangan dengan Kemayoran Playground. Berdiri diatas site seluas 3970 m2, Mall of Kemayoran terdiri dari 6 lantai dan 4 basement, dimana Ground Floor memiliki luasan 2100 m2 sedangkan lantai lainnya 2400 m2. Tema Lifestyle membuat Mall ini menyediakan kebutuhan seperti fashion & apparel, entertainment, accessories, beauty, health dan segala kebutuhan lain yang berkaitan. Selain untuk menunjang kebutuhan penghuni kawasan juga diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di sekitar Kemayoran.

TEMP 3

TEMP 2

TEMP 1

Kecilnya lahan / site untuk ukuran sebuah Mall kemudian menghasilkan bangunan Mall dengan tinggi yang maksimal sesuai peraturan yaitu 6 lantai. Level Ground Floor adalah ruang yang paling terbuka dimana tidak dibatasi sekat sehingga memudahkan sirkulasi pengunjung dari area kawasan. Tidak terlalu banyak retail yang tersedia di level Ground Floor. Brand-brand fashion yang besar kemudian diletakkan di level 1 dan 2. Fasad bangunan sebagian besar menggunakan material kaca dengan menambahkan unsur-unsur vertical garden dan unsur natural seperti kayu. Untuk menambah kesan lifestyle digunakan signage-signage brand sebagai fasad Mall.

Comments are closed.



 
PageLines