Kuliah Tamu: Budi Pradono

Arsitek Budi Pradono, IAI, hari ini tanggal 26 Februari 2016 memberikan kuliah tamu dengan topik: Architecture as a Device, yang menyoroti beberapa hal diantaranya: peranan desain arsitektur sebagai alat kritik terhadap lingkungan atau kawasan, sebagai alat untuk men-dekonstruksi sebuah kemapanan fisik dan sebagai alat untuk mempertanyakan esensi-esensi perilaku manusia.

Beberapa contoh karya-karya baik di dalam maupun di luar negeri dipresentasikan dengan sekaligus menjelaskan riset, pendekatan dan metode perancangan yang dilakukan pada setiap proyek. Beberapa karya Budi Pradono dikenal dengan pendekatan yang metaforik dan dihasilkan melalui analisis pemrograman yang kuat dan komprehensif. Budi Pradono juga menyirati teknik dalam proses desain dengan model fisik atau maket sebagai teknik paling baik untuk memahami pemrograman secara tiga dimensional, memahami kualitas spasial serta media paling bagus untuk berkomunikasi dengan pihak- pihak lain.

Beberapa hal yang menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh calon arsitek adalah:

  1. Banyak membaca dan memahami teori- teori arsitektur dan kaidah- kaidah perancangan yang ditulis oleh arsitek, maupun akademisi, yang akan memperkaya khazanah pengetahuan dan memperluas wawasan.
  2. Pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga. Arsitek harus mengalami berbagai hal dalam hidupnya agar memperkaya  dan menempa diri agar muncul integritas dan karakter diri sendiri.

Bahan presentasi dapat diunduh di sini.

Comments are closed.



 
PageLines