Architectour #3: Archipreneur dan material ramah lingkungan

Sabtu, 21 Januari 2017, dilakukan kegiatan Architectour yang ke 3 dengan sharing bersama Kak Aldi di Manami Space. Massa-G berkumpul di gedung Arsitektur dan berangkat ke Manami Space jam 9.00. Kegiatan dimulai oleh Fajri sebagai Ketua Himpunan pada jam 10.00.

65574 65579

Kegiatan dimulai dengan penjelasan dari Kak Aldi tentang bagaimana mereka mulai bereksperimen dengan loteng gedung. Setelah itu membuat ekspansi berupa pabrik dan kantor, lalu membeli kantor Manami Space. Manami Space sendiri merupakan gabungan sebuah cafe yang menyediakan berbagai macam board game dan co working space. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tur kantor.

65578211541

Setelah tur kantor, dilanjutkan dengan presentasi dari Kak Aldi tentang bisnis agriculture yang berawal dari ide tentang creative agriculture. Kak Aldi memulai growbox sebagai bisnis awal, kemudian mengikuti kompetisi. Limbah jamur dari growbox menjadi dasar untuk dikembangkan menjadi mycotech. Kemudian dilakukan kerja sama dengan BPPT dan dipinjamkan laboratorium.  Setelah satu tahun bereksperimen akhirnya berhasil membuat material bangunan berbahan dasar dari jamur dan tahan beban namun beratnya ringan. Produk yang diproduksi bermulai dari tile dan target nantinya memproduksi panel dinding untuk fabrikasi. Kegaiatn kemudian ditutup dengan feedback dari Kak Aldi dan pemberian kenang- kenangan dari IMA-G.

Architectour #2: Berkunjung ke Aboday

Jumat, 28 Oktober 2016, dilakukan kegiatan Architectour yang ke 2 dengan tujuan ke Biro arsitek Aboday di Jakarta. Program kerja ini merupakan kerjasama antara divisi proinov dan divisi ekstrakampus. Achitectour ke biro arsitek ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai keprofesian arsitektur dan realita proyek yang dihadapi oleh arsitek.

aboday 2  DSC_0049

Massa-G berkumpul di gedung Arsitektur ITB di pagi hari kemudian berangkat menuju Aboday jam 11.00 dan sampai di Aboday jam 15.00.  Setelah sampai, kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kak Raga dan Kak Johan dari Aboday. Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan sistem organisasi, sistem kerja dan presentasi beberapa proyek yang dikerjakan Aboday.

DSC_0059aboday

DSC_0094

Pada sore harinya, salah satu principle architect dari Biro Aboday datang dan memberi wejangan untuk massa-G yang hadir. Di akhir kegiatan , dilakukan tour lab dan melihat desainer-desainer mengerjakan proyeknya. Kegiatan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari IMA-G untuk Biro Arsitek Aboday.

Architectour 4 : Kunjungan ke HMA ITENAS

Jumat, 18 Sepetember 2015 divisi Ekstrakampus IMA-G mengadakan ‘Architectour’, jalan-jalan arsitektur ke Himpunan Mahasiswa Arsitektur Institut Teknologi Nasional (HMA ITENAS). Sekitar pukul 17.00, kami sampai di kampus yang berada di Jln. Suci itu. Kami disambut oleh BP HMA ITENAS dan berdiskusi di salah satu selasar gedung Arsitektur ITENAS.

-Divisi Ekstrakampus IMA-G berpose di tangga gedung Arsitektur ITENAS-

Teman-teman dari ITENAS menyuguhi kami air mineral, dan martabak sembari kami berbincang dan berbagi cerita tentang himpunan masing-masing. Perbincangan diawali dengan penjelasan program kerja yang ada di IMA-G, dan tak lupa, karena IMA-G juga sedang mengadakan Gaung Bandung, maka kami ikut mempublikasikan juga acara ini. Setelah itu HMA ITENAS bercerita tentang himpunannya. Pada Badan Pengurus HMA kali ini, branding yang dibawa adalah ‘re[i]novasi’ yang diambil dari kata renovasi yang artinya memperbaiki yang lama dan ditambah [i] agar menjadi inovasi yaitu membuat sesuatu yang baru. Kombinasi ini dimaksudkan agar anggota himpunan dapat melakukan dan merasakan pengalaman baru itu. Untuk program kerjanya diantaranya klinik arsitektur, yaitu pelatihan untuk apa yang tidak dipelajari di kelas misalnya pelatihan sketsa cat air. Ada juga divisi kemahasiswaan, yang memiliki program kerja membina anggota di tingkat dua maupun tingkat tiga, divisi humas yang mengatur informasi yang masuk lalu menyalurkan ke massa, serta divisi kewirausahaan yang memasarkan segala bentuk usaha produk maupun jasa, dimana terdapat subdivisi design creator, dan subdivisi management. Divisi ini memiliki proyek tiap bulannya, seperti kaos, dll. Tidak seperti ITB, atribut himpunan yang sakral di HMA ITENAS adalah syal. Semua mahasiswa arsitektur ITENAS bisa memiliki kemeja himpunan, sedangkan pengurus memiliki pin khusus, dan pada hari senin HMA memiliki budaya memakai atribut himpunan.

3

2
-Suasana sharing antara Divisi Ekstrakampus IMA-G dengan BP HMA ITENAS-

Setelah berbincang cukup lama, sekitar pukul 19.00 kami kembali ke kampus ITB. Semoga sharing-sharing yang dilakukan pada Architectour kali ini bermanfaat bagi baik IMA-G maupun HMA ITENAS. Tunggu kami di Architectour berikutnya!