Olimpia-G: Olimpiade ala IMA-G

Olimpia-G merupakan program kerja divisi BKM yang bertujuan untuk mempererat hubungan antar anggota bina, biasa dan madya IMA-G. Kegiatan Olimpia-G berupa pertandingan olahraga maupun non-olahraga. Pertandingan non olahraga di dilaksanakan pada tanggal 8-10 November 2016 dan pertandingan olahraga dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2016.

437203437201437202

Pertandingan non olahraga meliputi pertandingan darts, fifa dan dota. Pertandingan ini disambut dengan antusiasme massa-G. Pertandingan darts dimenangkan oleh Mamat G15, fifa dimenangkan oleh Kak Steven G12, dan dota dimenangkan oleh Dodo, Gusti, Sagita, Billy, Yudi dan Dana G15.

437197

Pertandingan ola     hraga meliputi pertandingan basket dan voli yang dilaksanakan di lapangan saraga dan pertandingan futsal dilaksanakan di OBC futsal cimbeleuit. Pertandingan basket dimenangkan oleh Aji G15, Dito G13 dan Icad G13. Pertandingan basket putri dimenangkan oleh Disa G14, Dini G14, Cindy G14 dan Jovani G15. Pertandingan voli dimenangkan oleh Idon G13, Yudi G15, Icad G13, Devlin G15, Fajri G14 dan Aji G15.Pertandingan futsal dimenangkan oleh tim Madya 1.

437199437200

Selain pertandingan diatas diadakan juga pertandingan tenis meja dan tarik tambang. Pertandingan tarik tambang dimenangkan oleh Pepi G15, Taufiq G15, Fara G16, Darma G14 dan Jodit G16. Pertandingan tenis meja dimenangkan oleh Richard G14.

Architectour #1: Festival Arsitektur Indonesialand

Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma kembali mengadakan kegiatan Architectour dan Sketchwalk pada hari Minggu, 4 September 2016 di Selasar Sunaryo. Kegiatan yang diprakarsai oleh divisi keprofesian IMA-G dan BKM Sketchwalk ini merupakan sebuah kegiatan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa Arsitektur dengan melihat, merasakan, dan menggambarkannya secara langsung.

IMG_2580

Architectour kali ini diadakan untuk mengunjungi Festival Arsitektur Indonesialand, yaitu sebuah kegiatan yang berinisiatif memaparkan realitas masyarakat Indonesia dengan arsitektur sebagai subjek pengisahannya. Dimana pada rangkaian festival ini, Program Studi S1 Arsitektur ITB mendapatkan spot pameran yang cukup luas di area outdoor amphiteater Selasar Sunaryo. Merespon hal tersebut, maka Arsitektur ITB membuat instalasi transegrity dari material bambu untuk menjadi objek pameran bersama dengan maket-maket mahasiswa Arsitektur ITB yang terpilih.

IMG_2468

IMG_2465Selain Arsitektur ITB, kita juga dapat melihat pameran karya-karya dari institusi maupun biro arsitektur lainnya. Diantaranya yaitu Arsitektur UPI, Arsitektur UK Petra, Arsitektur UNPAR, Arsitektur UPH, PSUD, serta Bandung Heritage. Selain itu beberapa biro arsitek ternama juga ikut memeriahkan pameran ini seperti Budi Pradono Architects, Baskoro Tedjo & Hepta Desain, Studio Akanoma, Aboday, Realrich S & Anas H, Raul Renanda Desain, Yori Antar Atelier 6 Arsitek, Arkom Jogja, Andra Martin Architect, Studio M Thamrin dan beberapa biro arsitektur lainnya.

IMG_2583

Kegiatan Architectour dan Sketchwalk dimulai pada pukul 11.30 siang dengan peserta berkumpul di amphiteater untuk briefing singkat. Selanjutnya peserta dibebaskan berkeliling di seluruh area Selasar Sunaryo untuk melihat pameran dan juga mengsketsa sudut-sudut arsitektural di tempat ini. Kegiatan ini berakhir pada pukul 13.30 dengan dilakukannya sesi foto bersama seluruh peserta di instalasi transegrity bambu pada amphiteater Selasar Sunaryo.

Jalan-Jalan Arsitektural Nasional dan Go Internasional

KICK OKKI-lembar 4 dan Musor Mesem (Musik Semangat Enam Sembilan)

Galeri Labtek IX B. 28/8/14. Pada hari Kamis pukul 17.00 sebelum hari Jumat dimana “libur” untuk anak-anak Arsitektur ITB, IMA Gunadharma mengadakan diskusi Kick Okki yang bertemakan TKIMAI dan Arcasia dilanjutkan dengan Musik Sore yang bertajuk Mesem (Musik Semangat Enam Sembilan).

TKIMAI

TKIMAI adalah singkatan Temu Karya Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Indonesia. Setiap tahun diadakan FK-TKIMAI (Forum Komunikasi) yang diselenggarakan di tempat yang berbeda. Tahun lalu, FK-TKIMAI diselenggarakan di Solo, UNS, Jawa Tengah.

Oki dan teman-teman mengikuti acara tahun lalu. Acara-acara yang ada di FK-TKIMAI yakni pembukaan, seminar, dan sebagainya. Ada juga pameran karya, workshop, dan forum komunikasi.  Tahun ini acara FK-TKIMAI diadakan di Gorontalo.

Tahun ini, untuk keberangkatan ke Gorontalo membutuhkan dana 4 juta dengan rute dari Bandung-Jakarta-Gorontalo. Kendaraan yang dipakai adalah Travel (Bandung-Jakarta), Pesawat(Jakarta-Bandara Gorontalo), dan Taksi(Bandara Gorontalo-Tempat FK-TKIMAI).

Arcasia

Arcasia Student Jambore 2014 diadakan di Malaysia, Gombak, pada tanggal 21 juni-24 juni. Acara ini adalah temu mahasiswa arsitek se-Asia yang diadakan 2 tahun sekali. Delegasi negara-negara yang hadir pada acara tahun ini adalah Malaysia, Indonesia, Bangladesh, India, Pakistan, dan Nepal.

Perwakilan di Indonesia terdiri dari 4 kampus, yakni Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Nasional, Universitas Trisakti, Universitas Indonesia. Dari Indonesia, tim yang berangkat ada 2 berdasarkan rute perjalanannya.

Menurut keterangan Fadhil Hafiz (Arsitektur ITB 2012), keuntungan mengikuti Arcasia adalah dapat mengenal banyak orang dari berbagai negara, mengetahui budaya negara-negara lain di Asia, dan mengetahui tingkat arsitektur negara lain sehingga dapat memperkaya pengetahuan arsitektur Asia.

Musor Mesem (Musik Sore Musik Semangat Enam Sembilan)

Walaupun bertemakan Semangat Enam Sembilan tidak ada satupun musik perjuangan yang didendangkan pada acara ini. Semua penampilan merupakan lagu pop atau jazz. Yang tampil pada musor kali ini antara lain Mudita (GM), Levi (G ’13), Idon (G ’13), Dito (G ’13), Raja (G ’13), Ibet (G ’13), Sheila (G ’13), Keziah (G ’13), Gerry (G ’13), Prisko (G ’13), Made (G ’13), Daniel (G ’12), Gagas (G ’12), Teguh (G ’12), Rifa (G ’12), Kevin (G ’12), dan Adam (G ’12). [Greace Nanda Sihotang]