IMAGE Juli 2014

Ikatan Mahasiswa Arsitektur (IMA-G) ITB mempersembahkan :
IMAGE #4
ARSITEKTUR // URBANISME // EXCHANGE // JALAN-JALAN
IMAGE #04 :: Awali hari-harimu dengan Majalah IMAGE!
Penasaran dengan perjalanan Kota Bandung menjadi kota kreatif?
Komunitas kreatif di Bandung apa aja?
Mau tau cerita teman teman kita yang ikut Exchange Program?
Ada apa aja di Origin House and Kitchen?

Semua ada di Majalah IMAGE #4!
http://issuu.com/imagemagz/docs/_4

Halo Adik-Adik SAPPK 2013 – SKETSA

ITB. 26-27/4/14. Terlepas dari jadwal yang padat dan tanggal yang disempitkan, SKETSA untuk angkatan SAPPK 2013 siap dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 April 2014 hingga Minggu, 27 April 2014. Tentu saja, demi kelancaran kegiatan untuk adik-adik calon pengisi jurusan arsitektur dan planologi ini tim SKETSA membuka hari dengan melakukan briefing terpusat, diikuti dengan briefing per divisi setelahnya.

Setelah mantap dengan persiapan masing-masing, sesuai jadwal SKETSA dibuka pada jam 1 siang dengan menjemput SAPPK 2013 di Laboratorium Doping. Namun dengan adanya hujan, plan B harus dilaksanakan, yaitu memindahkan aktivitas untuk bermula di Ruang Seminar Lantai 6 Planologi dari yang semula direncanakan di Amphitheatre sebelah Arsitektur.

Sebelum mendengarkan penyambutan dari ketiga koorlap yaitu Aloysius Rio (AR12), M. Ridho (AR12), dan Ricky (PL12), adik-adik SAPPK 2013 mengumandangkan yelyel mereka. Setelah orasi mereka dimobilisasi dua puluh menit lebih cepat menuju spot mentoring, di mana mereka akan saling berinteraksi dengan kakak kelas mereka dan mengenal lebih dekat dengan kelompok mereka serta angkatan mereka. Mentoring kali ini juga membahas mengenai perkenalan jurusan, dan adik-adik dapat bertanya mengenai kedua jurusan tersebut (Arsitektur-Planologi).

Mentoring berlangsung selama kurang lebih satu jam lalu disusul dengan sholat Ashar berjamaah serta makan siang secara berkelompok untuk meningkatkan kedekatan mereka. Setelah kurang lebih tiga puluh menit, adik-adik SAPPK 2013 dimobilisasi menuju Ruang Seminar Lt.6 Planologi untuk mengikuti dua buah seminar, seminar pertama dari kakak kelas baik Arsitektur maupun Planologi untuk mengetahui kegiatan di jurusan masing-masing, serta seminar kedua dengan pembicara untuk menjelaskan tentang keprofesian.

Seminar pertama diisi oleh Silvania (PL10) dan Prathito Andy Wisambodhi (AR10) yang menjelaskan tentang kurikulum dan pelajaran yang didapat dalam masing-masing jurusan, ditemani Sheila Amalia (AR12) sebagai moderator. Dijelaskan bagaimana seseorang yang belajar mengenai Planologi berfungsi sebagai “dokter kota”, dimana lulusan jurusan tersebut mengembangkan kesejahteraan wilayah kota yang lebih makro dan memperhatikan perkembangan wilayah-wilayah tersebut. Arsitektur menjelaskan lebih kepada apa yang akan dihadapi angkatan SAPPK 2013 yang memilih arsitektur, bagaimana cara seorang mahasiswa arsitektur melihat sekelilingnya dan melakukan proses desain. Disebutkan pula mata kuliah yang akan didapat serta pertimbangan ketika melakukan proses desain.

Seminar kedua diisi oleh Bapak Deddy Wahjudi (founder Biro Arsitektur LABO) untuk profesi arsitektur, dan Bapak Kemal Taruc (Habitat Programme Manager wakil Indonesia di UN Habitat) untuk profesi Planologi. Kedua profesi tersebut dilihat dari apa yang dijelaskan memiliki kesamaan dari segi pemakaian imajinasi dan keduanya sama-sama mengarah kepada apa yang dapat diberikan untuk masyarakat. Di sela kedua seminar tersebut, diberikan ice-breaking oleh Karitka Gumelar (AR12) dan Luthfi Muhammad Iqbal (PL12) dengan membuat adik-adik SAPPK 2013 memperdengarkan yelyelnya kembali.

Setelah seminar selesai, SAPPK 2013 dimobilisasi untuk Ishoma dan makan malam. Segera kemudian mereka dimobilisasi menuju spot mentoring untuk kedua kali pada hari itu di tiga spot yaitu Selasar dan Galeri Arsitektur serta Pilotis Geodesi. Setelah mentoring, SAPPK 2013 diajak untuk menonton video tentang gambaran perkuliahan Arsitektur dan Planologi yang telah dipersiapkan oleh Tim Publikasi & Dokumentasi SKETSA 2013.

Video ditutup dan dilanjutkan review dari koorlap untuk hari itu. Setelah mendengarkan review di Amphiteater, SAPPK 2013 siap dimobilisasi pulang untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk SKETSA 2013 hari kedua yang akan dimulai pagi hari Minggu, 27 April 2014.

Pada hari kedua sketsa 2014, minggu 27 april 2014, sappk 2013 menjalani banyak kegiatan. Kegiatannya yakni mentoring mengenai jurusan di sappk dan motivasi yang bertujuan utnuk memperjelas kembali keputusan setiapa anak sappk 2013 yang ikut pada hari itu, berdiskusi mengenai realitas bangsa agar dapat mengenali kenyataan bangsa sehingga dapat mempunyai visi dan misi untuk bangsa, bermain bersama yang tujuannya untuk meningkatkan kekompakan dan kesatuan sappk 2013, dan ditutup pada malam hari dengan orasi dari koordinator lapangan dan ketua sketsa 2013.

Dalam penutupan malam itu, semua panitia lapangan dan non-lapangan sketsa 2014 berkumpul di amphiteater asitektur. Penutupan malam itu bertujuan untuk mempertanyakan kembali motivasi jurusan, kekompakan angkatan sappk 2013, dan merangkum hal-hal apa saja yang sudah didapatkan dalam dari sketsa 2014 yang sudah berlangsung selama 2 hari. Hal-hal yang sudah didapatkan menurut sappk 2013 ialah:

  1. Yang bimbang untuk memilih jurusan tidak bimbang lagi karena ada seminar motivasi, games, senam, dan diajarkan bagaimana memanajemen mimpi dan bagaimana cara mencapainya.
  2. Kejelasan mengenai kehidupan di jurusan-jurusan sappk, yakni arsitektur dan perencanaan wilayah dan kota
  3. Mengetahui profesi-profesi dan dunia kerja di jurusan-jurusan di sappk dari seminar yang diisi oleh angkatan 2010
  4. Mengetahui himpunan-himpunan di arsitektur yakni IMA-G dan perencanaan wilayah dan kota yakni HMP

Pada akhir penutupan, sappk 2013 ditantang untuk mengadakan final project sappk sebagai wujud kesatuan sappk 2013 dan pengabdian masyarakat dari sappk 2013. [ia & gns]

Latihan Soal Dan Diskusi Untuk Mempersiapkan Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Struktur Konstruksi Dan Bahan I

Salah satu program kerja yang dimiliki oleh Divisi Akademik IMA-G tahun kepengurusan 2012 adalah mengadakan Tutorial G. Tutorial G adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan anggota untuk menghadapi ujian-ujian dalam perkuliahan. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan, tutorial yang dibutuhkan adalah tutorial mata kuliah SKB I yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2012.

Tutorial SKB I diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 di Studio lantai 4 Gedung Arsitektur, Labtek IXB Institut Teknologi Bandung. Acara ini diadakan pada hari Sabtu karena menyesuaikan jadwal tutor dengan peserta tutorial.Keinginan untuk diadakannya tutorial ini sangat tinggi. Hal ini dapat dilhat darijumlah pesertatutorial yang hadir yaitu 45 orang yang seluruhnya merupakan anggota G12.

Acara tutorial dipimpin oleh Aldy G10 sebagai penanggung jawab acara serta dibantu oleh Arief G11 dan Tan Henry G11 sebagai tutor. Tutorial berlangsung dengan tertib dari pukul 08.00 sampai 12.00. Diskusi seru terjadi antara tutor dan peserta tutorial.Tujuan diadakannya tutorial ini yaitu membantu anggota mempersiapkanujiannyaagar lulus pun tercapai. HR

ITB Architecture Final Projects Exhibition – October 2012

ITB Architecture Final Projects Exhibition diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma (IMA-G) dalam rangka merayakan kelulusan anggota IMA-G yang akan di wisuda pada bulan Oktober ini. Lebih dari 50 karya tugas akhir akan dipamerkan pada ITB Architecture Final Projects Exhibition ini. Pameran ini terbuka untuk umum dari pukul 8.00 -17.00 selama empat hari yaitu dari Kamis hingga Sabtu pada tanggal 18-20 Oktober 2012 di CC Timur ITB.