Architectour #3: Archipreneur dan material ramah lingkungan

Sabtu, 21 Januari 2017, dilakukan kegiatan Architectour yang ke 3 dengan sharing bersama Kak Aldi di Manami Space. Massa-G berkumpul di gedung Arsitektur dan berangkat ke Manami Space jam 9.00. Kegiatan dimulai oleh Fajri sebagai Ketua Himpunan pada jam 10.00.

65574 65579

Kegiatan dimulai dengan penjelasan dari Kak Aldi tentang bagaimana mereka mulai bereksperimen dengan loteng gedung. Setelah itu membuat ekspansi berupa pabrik dan kantor, lalu membeli kantor Manami Space. Manami Space sendiri merupakan gabungan sebuah cafe yang menyediakan berbagai macam board game dan co working space. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tur kantor.

65578211541

Setelah tur kantor, dilanjutkan dengan presentasi dari Kak Aldi tentang bisnis agriculture yang berawal dari ide tentang creative agriculture. Kak Aldi memulai growbox sebagai bisnis awal, kemudian mengikuti kompetisi. Limbah jamur dari growbox menjadi dasar untuk dikembangkan menjadi mycotech. Kemudian dilakukan kerja sama dengan BPPT dan dipinjamkan laboratorium.  Setelah satu tahun bereksperimen akhirnya berhasil membuat material bangunan berbahan dasar dari jamur dan tahan beban namun beratnya ringan. Produk yang diproduksi bermulai dari tile dan target nantinya memproduksi panel dinding untuk fabrikasi. Kegaiatn kemudian ditutup dengan feedback dari Kak Aldi dan pemberian kenang- kenangan dari IMA-G.

Architectour #2: Berkunjung ke Aboday

Jumat, 28 Oktober 2016, dilakukan kegiatan Architectour yang ke 2 dengan tujuan ke Biro arsitek Aboday di Jakarta. Program kerja ini merupakan kerjasama antara divisi proinov dan divisi ekstrakampus. Achitectour ke biro arsitek ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai keprofesian arsitektur dan realita proyek yang dihadapi oleh arsitek.

aboday 2  DSC_0049

Massa-G berkumpul di gedung Arsitektur ITB di pagi hari kemudian berangkat menuju Aboday jam 11.00 dan sampai di Aboday jam 15.00.  Setelah sampai, kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kak Raga dan Kak Johan dari Aboday. Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan sistem organisasi, sistem kerja dan presentasi beberapa proyek yang dikerjakan Aboday.

DSC_0059aboday

DSC_0094

Pada sore harinya, salah satu principle architect dari Biro Aboday datang dan memberi wejangan untuk massa-G yang hadir. Di akhir kegiatan , dilakukan tour lab dan melihat desainer-desainer mengerjakan proyeknya. Kegiatan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari IMA-G untuk Biro Arsitek Aboday.