LKO IMA-G 2016

LKO IMA-G merupakan program kerja divisi kaderisasi yang berupa rangkaian kegiatan latihan kepemimpinan organisasi untuk persiapan anggota bina menjadi anggota biasa. Kegiatan LKO dilaksanakan dalam 3 rangkaian kegiatan.

LKO pertama dilaksanakan pada 13 Mei 2016 dengan mengundang narasumber Fajri G14 selaku ketua himpunan dan Kak Hamal sebagai anggota madya IMA-G. LKO kali ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai perhimpunan (perihal AD-ART dsb) serta pengalaman berhimpun yang dibawakan oleh Kak Hamal.

LKO kedua dilaksanakan pada 22 Agustus 2016 dengan mengundang narasumber Mahardhika Zein selaku Ketua Kabiner Keluarga Mahasiswa ITB dan Arya Zamal selaku Ketua Majelis Wali Amanat Wakil Mahasiswa. LKO kedua ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang kepemimpinan.

LKO ketiga yang dilaksanakan pada 26 September 2016 merupakan pelantikan anggota bina IMA-G menjadi anggota biasa IMA-G. Acara dimulai dengan forum angkatan bersama dengan G13, kemudian dilanjutkan dngan orasi Ketua Himpunan sebagai simbol dari pelantikan.

Penjenjangan Mula- Bina IMA-G 2016

Penjenjangan Mula-Bina IMA-G merupakan program kerja divisi kaderisasi untuk mempersiapkan anggota mula IMA-G menjadi anggota bina IMA-G. Penjenjangan dilakukan  dalam 14 pertemuan mulai dari Juli sampai Agustus 2016.

IMG_9295 IMG_9298Pembukaan penjenjangan Mula- Bina IMA-G dilaksanakan pada 18 Juli 2016 di Plaza Widya ITB. Pembukaan berjalan dengan lancar dan hujan turun saat acara sudah berakhir.

_DSC1569IMG_6255 IMG_6537DSC_0585 IMG_0475 IMG_0523

Selama rangkaian acara penjenjangan diturunkan beberapa tugas untuk Calon Gunadharma seperti tugas wawancara sesama Calon Gunadharma, wawancara massa-G, tugas maket, dan tugas film sejarah IMA-G, dsb. Rangkaian acara penjenjangan diisi mulai dari kegiatan talkshow, mentoring, workshop dan juga berbagai macam games.

IMG_0041

Penjenjangan Mula- Bina IMA-G ditutup dengan pelantikan Calon Gunadharma menjadi Gunadharma 16 (G16) pada tanggal 21 Agustus 2016.

Selamat Datang Gundaharma 16 !

Penjenjangan Mula Bina IMA-G 2015 Tahap 1

Penjenjangan Mula Bina IMA-G 2015 merupakan proses kaderisasi yang diperuntukkan bagi anggota mula IMA-Gunadharma. Penjenjangan ini merupakan langkah pertama bagi Gunadharma-Gunadharma muda untuk mempersiapkan diri mereka sebelum menjadi anggota bina IMA-Gunadharma dan mengembangkan diri di dalam IMA-Gunadharma. Pada tahun ini, Penjenjangan Mula Bina dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama berlangsung sebelum lebaran dan tahap kedua akan berlangsung setelahnya. Pada tanggal 8 Juli 2015 kemarin telah berakhir Penjenjangan Mula Bina 2015 tahap pertama.

Penjenjangan Mula Bina 2015 dibuka pada tanggal 20 Juni 2015, diawali dengan tim materi-metode yang berorasi di Amfiteater Arsitektur, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan bidang Akademik di Galeri Arsitektur. Setelah seminar oleh Ketua IMA-G 2015, Atika Almira, serta perwakilan dari Kabinet KM-ITB, Steven Widyatmadja, peserta dimobilisasi ke Plaza Widya dan disambut oleh Badan Pengurus IMA-G 2015 dan massa-G, orasi oleh Sekjen Badan Pengurus IMA-G 2015, Aloysius Rio, dan juga orasi dari ketua Penjenjangan Mula-Bina 2015, M. Ridho Kharisma Putra, lalu ditutup dengan Salam Gunadharma oleh seluruh massa-G.

pembukaan 2

-Prosesi Opening Penjenjangan Mula Bina IMA-G 2015-

Setelah opening, Penjenjangan Mula Bina 2015 diisi dengan berbagai pertemuan berisikan materi maupun pembahasan atau penurunan tugas. Materi-materi yang diturunkan adalah sebagai berikut : Sejarah IMA-G, Perangkat Himpunan, elemen eksternal IMA-G, berbagai workshop yang berkaitan dengan program kerja IMA-G, dan peserta dianjurkan untuk datang ke rangkaian acara Fokus yang berjudul “Mengamati Mimpi-mimpi Ridwan Kamil”. Dalam acara Fokus ini didiskusikan tentang realita pembangunan formal Kota Bandung serta penerapan janji-janji Ridwan Kamil sebagai wali kota.

sejarah-Bu Indah sharing masa-masa pada saat di IMA-G-

Peserta bekerja sama dalam games post-to-post setelah seminar Sejarah IMA-G

-Peserta mempresentasikan Drama Sejarah IMA-G-

-Peserta dalam games post-to-post melatih kerjasama dalam angkatan-

Selain materi yang diberikan, panitia juga menurunkan berbagai tugas kepada para peserta yang memberikan manfaat untuk angkatan peserta, untuk hubungan antar peserta dan massa-G, tugas maket kawasan Pulosari sebagai salah satu wujud kontribusi program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat Badan Pengurus IMA-G 2015 untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada suatu pemukiman, kampung Pulosari khususnya; tugas mewawancarai beberapa dinas pemerintahan (Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya, Dinas Pemakaman dan Pertamanan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Bina Marga dan Pengairan, dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) untuk pembelajaran mengenai kebijakan Pemerintah Daerah. Kepekaan dan kepedulian inilah yang akan mampu mendorong terjadinya diskusi untuk menyelesaikan permasalahan dengan menghasilkan solusi yang tepat guna.

-Peserta mempresentasikan hasil maket kawasan Pulosari kepada Massa-G-

-Talkshow Fokus “Mengamati Mimpi-mimpi Ridwan Kamil” yang dibawakan oleh Donny Setiawan dan Achmad Syaiful, dilanjutkan dengan FGD-

Peserta juga mengikuti acara City Race, dimana panitia menyebarkan petunjuk dan pos-pos pada berbagai tempat strategis di sekitar kota Bandung, dan pada setiap pos, peserta harus melewati sebuah tantangan yang memiliki esensi-esensi tersendiri. Pos-pos terdapat pada BEC, Balai Kota, Gedung Asia Afrika, Alun-alun, Taman Musik, dan yang terakhir adalah di Amfiteater Arsitektur ITB. Pada pos terakhir, peserta diminta untuk kerjasama seangkatan dalam membuat peta kognitif dari tempat-tempat yang telah dilalui dengan way-finding.

-Peserta dalam rangkaian acara City Race-

Closing Penjenjangan Mula-Bina Tahap 1 berlangsung pada tanggal 8 Juli 2015, peserta dikumpulkan pada malam hari, dibagi menjadi empat kelompok dan tiap kelompok didampingi oleh dua orang dari Badan Pengurus atau Panitia Penjenjangan untuk membahas keseriusan dan tujuan peserta mengikuti Penjenjangan Mula Bina IMA-G 2015. Acara dilanjutkan dengan forum dengan seluruh Massa-G untuk membahas angkatan CG15. Setelah forum tersebut selesai dan mencapai kesepakatan, acara ditutup dengan orasi Atika Almira sebagai Ketua IMA-G 2015/2016 yang sekaligus merupakan tanda berakhirnya Penjenjangan Mula Bina IMA-G 2015 Tahap 1. Massa-G berharap peserta Penjenjangan Mula Bina IMA-G 2015 untuk tetap menjaga semangatnya dan mempercayai mereka untuk menghadirkan teman-temannya yang tidak/belum dapat hadir pada Penjenjangan Mula Bina 2015 Tahap Pertama.

“Kami tunggu, jiwa-jiwa penuntut ilmu
Yang siap menghadap kami
Dengan keyakinan penuh
Dan tangan saling merangkul.
Kami tunggu kalian untuk kembali,
Dengan semangat yang berkobar.”

-Peserta mengangkat tangan kanan yang telah diikat pita biru sebagai tanda berakhirnya Penjenjangan Mula Bina 2015 Tahap 1 dan komitmen bersedia melanjutkan Tahap 2-