Penandatanganan Memorandum of Agreement antara KK TB dan PT. Bineatama Kayone Lestari

Pada hari Selasa, 18 April 2017, terjadi penandatanganan MoA antara dekan Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB dengan direktur utama PT. Bineatama Kayone Lestari (PT. BKL). Acara ini diinisiasi oleh Pak Permana selaku inisiator terjadinya kerjasama antara pihak SAPPK ITB, dalam hal ini oleh kelompok keahlian Teknologi Bangunan dengan pihak industri kayu, yaitu pihak PT. BKL.

Penandatanganan MoA ini dihadiri oleh pihak PT. BKL, yaitu Pak Edo Wijaya selaku direktur utama, Pak Uus, dan Pak Eet Riswana dan oleh pihak SAPPK, yaitu Pak Widjaja Martokusumo selaku dekan SAPPK ITB, Pak Permana beserta tim, Pak Budi Rianto, dosen-dosen dari kelompok keahlian Teknologi Bangunan, dan beberapa staf karyawan SAPPK.

Kesepakatan yang tercantum di dalam MoA meliputi tujuan kerjasama, lingkup kerjasama, prinsip kerjasama, ketentuan umum, jangka watu kerjasama, hak atas kekayaan intelektual oleh masing-masing pihak, penyelesaian perselisihan, dan penutup dengan tanda tangan oleh kedua belah pihak.

IMG_8710IMG_8713e
 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Pak Permana, kemudiandilanjutkan dengan kata pengantar oleh kedua belah pihak yaitu Pak Widjaja dan Pak Edo Wijaya. ”Kita mengadakan kerjasama dengan nama besar yang saya dambakan” ucap Pak Edo. Pak Edo menjelaskan bahwa perusahaannya selama ini dikembangkan tanpa adanya bantuan dari institusi dan hanya berdasarkan atas pengalaman empirik. Beliau juga menambahkan bahwa yang perusahaannya butuhkan adalah ide-ide baru dari penggunaan material kayu yaitu bestwood seperti yang dilakukan oleh Pak Permana. Pak Widjaja mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerjasama ini dan mengharapkan kerjasama ini bukanlah yang terkahir tetapi akan berlangsung untuk seterusnya. Pak Widjaja juga menambahkan bahwa kerjasama ini harus melibatkan mahasiswa, agar mereka dapat terjun langsung ke lapangan untuk melihat pekerjaan industri kayu. Setelah pengantar oleh masing-masing pihak, acara dilanjutkan dengan penandatanganan, pengecapan, dan penukaran MoA oleh Pak Widjaja  dan Edo Wijaya.

IMG_8719

IMG_8722
 

Tidak berhenti sampai disitu saja, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh pihak PT. BKL yang diwakili oleh Pak Uus dan pihak KK TB, yang diwakili oleh Pak Surjamanto. Acara berlangsung santai dan khidmat dengan balutan diskusi oleh kedua belah pihak dan diakhiri oleh foto bersama oleh peserta rapat.

IMG_8723IMG_8726IMG_8728