Joint Research ITB dan Shibaura Institute of Technology Japan

Kelompok Keahlian Teknologi Bangunan Arsitektur ITB dan Dept. Architecture Shibaura University sedang melaksanakan kerjasama penelitian tentang sains teknologi rumah tinggal.

Tim developer/kontraktor dari Jepang membangun rumah tinggal dengan metode dan teknologi konstruksi 100% sama persis dengan metode dan teknologi konstruksi di Jepang. Konstruksi pondasi, rangka kayu pre-cut, lantai, dinding, plafon, tangga kayu, atap, pintu jendela, instalasi listrik, gas, air bersih dan air kotor yang sama persis dengan yang digunakan di Jepang.

Tahapan konstruksi dimulai tanggal 16 Mei 2013 dan berakhir awal bulan Juli 2013. Selesainya proses konstruksi rumah ini ditandai dengan acara serah terima dari Shibaura University kepada pihak ITB. Penelitian bersama antara ke dua Universitas ini juga membuka kesempatan bagi mahasiswa/i yang tertarik untuk meneliti dan mempelajari sistem rumah tinggal jepang, baik dari sisi konstruksi, kondisi termal, dan lain sebagainya.

Proses penelitian ini masih berlangsung dan untuk informasi lebih lanjut dapat mengubungi Sdr. Aswin Indraprastha, di aswin@aswinindra.com

Introduction To Building Information Modelling (BIM), Autodesk Revit Architecture Computation Workshop Series 3, 21-22nd August 2013

Introduction To Building Information Modelling (BIM),

AUTODESK REVIT ARCHITECTURE

Workshop on Architectural Computation Series 03

Tanggal 21- 22 Agustus 2013, Kelompok Keahlian Teknologi Bangunan SAPPK ITB bekerja sama dengan Autodesk telah melaksanakan workshop yang memperkenalkan sistem Building Information Modelling (BIM) – Autodesk Revit Architecture, pada pemodelan bangunan arsitektur. Perkenalan perangkat lunak ini bertujuan untuk membantu pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendokumentasikan serta mempresentasikan model dengan lebih nyata dan terintegrasi.

Workshop yang diselenggarakan di laboratorium komputer – lantai 4, Program Studi Arsitektur ini, dibina langsung oleh instruktur dari Autodesk yang tersertifikasi. Kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 baik dari ITB maupun dari luar, juga para profesional terkait.

Poster kegiatan ini bisa dilihat pada poster workshop berikut.