Layanan Multimedia ITB

Informasi

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh ITB termasuk di dalamnya kegiatan perkuliahan sering kali menjadi pionir dan referensi, sehingga menjadi inspirasi bagi munculnya kegiatan lain di Indonesia. Keadaan ini menuntut adanya sebuah sistem pendokumentasian yang baik tentang kegiatan-kegiatan ITB tersebut. Hal inilah yang mendasari dibentuknya LPM (Layanan dan Produksi Multimedia) ITB.
Dengan bermodalkan peralatan multimedia teknologi terkini dan juga dukungan SDM yang memiliki kemampuan mengintegrasikan teknologi dan kreatifitas, LPM dengan terus-menerus menciptakan produk video dan system pembelajaran kualitas terbaik semakin mengukuhkan keberadaan LPM sebagai rumah produksi ITB dengan spesialisasi bidang pendidikan.

Layanan Multimedia ITB

Video Profil
Layanan ini memfasilitasi Civitas ITB untuk menghasilkan materi publikasi dalam bentuk tayangan audio visual yang mampu menyampaikan informasi secara kreatif dan menarik.

Video Streaming
Muatan konten yang terkandung dalam acara yang diselenggarakan oleh civitas ITB seringkali bermanfaat juga untuk dibagikan bagi masyyarakat umum. Seiring dengan semakin besarnya kapasitas internet yang dimiliki oleh ITB., maka USDI ITB menyediakan layanan untuk menayangkan acara tersebut via streaming internet. Permintaan layanan ini bisa dilakukan dengan mengisi form berikut

Video Conference
Video conference adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih menggunakan jaringan internet broadband.

Untuk penggunaan apa?
Video conference biasa digunakan untuk kuliah jarak jauh dan rapat dengan universitas-universitas di kota lain. Layanan video conference juga pernah digunakan untuk mempresentasikan karya pada sebuah lomba yang disaksikan oleh tim penilai di Malaysia.
Mengapa menggunakan video conference?
Dengan fasilitas audio visual secara real time membuat komunikasi terasa nyata, sehingga peserta seakan-akan berhadapan langsung dengan peserta lain meskipun berada di kota/negara lain.
Fasilitas
Fasilitas yang digunakan dalam layanan video conference antara lain :

  1. Screen dan Projector
  2. Laser pointer
  3. WiFi menggunakan jaringan ITB (terbatas)
  4. Computer Graphics (CG)
  5. Video table untuk menampilkan yang dilakukan/ditulis peserta di atas mejanya .
    Fasilitas selengkapnya dapat Anda daftar fasilitas LPM

Video Dokumentasi Acara
Sebagai institutsi pendidikan, ITB seringkali menyelenggarakan kegiatan ilmiah seperti seminar, lokakarya. Selain kegiatan ilmiah dan resmi, banyak pula kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa ITB.
USDI ITB menyediakan layanan untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan tersebut. Permintaan layanan ini bisa dilakukan dengan mengisi form berikut

Video Dokumentasi Kelas
Sebagai institusi pendidikan, salah satu kegiatan utama ITB adalah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dalam bentuk kelas perkuliahan, pelatihan, workshop dan sebagainya.
USDI ITB menyediakan layanan untuk mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar di kelas bagi civitas akademika ITB. Permintaan layanan ini bisa dilakukan dengan mengisi form berikut

Video Berita
Informasi bisa disampaikan dalam berbagai jenis media. Salah satu alternatif media dalam menyampaikan informasi mengenai kegiatan dan aktifitas yang terselenggara di lingkungan ITB adalah video berita. Melalui video berita ini, informasi disampaikan dengan cara dikemas dalam bentuk media audio visual yang kemudian ditayangkan pada web http://itb.ac.id
USDI ITB menyediakan layanan untuk peliputan acara bagi civitas akademika ITB. Untuk melakukan permintaan layanan bisa dilakukan dengan mengisi form berikut

Email Account Untuk Staf Dosen dan Non Dosen

Deskripsi Layanan

USDI menyediakan layanan e-mail dengan domain @staff.itb.ac.id (sebelumnya @pusat.itb.ac.id) untuk staf Dosen dan Non-Dosen di ITB. Layanan ini terutama disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan e-mail bagi para sivitas ITB yang di unit kerjanya tidak mengelola mail server sendiri. Tujuannya yaitu untuk menunjang kelancaran komunikasi sivitas ITB.

Cara Mendapatkan

Untuk Staf Dosen dan/atau Non-Dosen yang belum memiliki akun e-mail bisa mengajukan permohonan untuk dibuatkan akun email @staff.itb.ac.iddengan mengirimkan permohonan tertulis (surat) yang ditandatangani oleh Pimpinan Unit Kerja dan ditujukan kepada Kepala Unit Sumber Daya Informasi.
Informasi yang perlu disampaikan pada permohonan pembuatan akun e-mail ini yaitu:

  • Nama Lengkap
  • Pekerjaan (Dosen, Non-Dosen, Karyawan Kontrak)
  • Unit Kerja
  • Nama Akun untuk e-mail (alternatif 1 dan alternatif 2)
  • Alamat e-mail luar ITB (jika ada)

Penggunaan

Untuk Staf yang telah memiliki Akun E-Mail dengan domain @staff.itb.ac.id atau @pusat.itb.ac.id, berikut ini panduan untuk mengakses akun e-mail melalui:

Untuk akses dari aplikasi atau perangkat lain silakan lihat panduan yang disediakan oleh aplikasi atau perangkat tersebut dan mengacu pada panduan yang ada diatas.

Registrasi Akun INA

Cara Registrasi

Dosen, Karyawan Tetap, Tenaga Kontrak, dan Peneliti dapat melakukan registrasi melalui administrator jaringan yang ada di Unit Kerja masing-masing.  Mahasiswa baru baik sarjana maupun pasca sarjana harus mengikuti kegiatan ATLAS (terjadwal) untuk mendapatkan account INA. Untuk Tamu ITB, harap menghubungi tuan rumah atau sponsor penanggung jawab kegiatan selama di ITB.

Status Instruksi
Dosen, Karyawan Tetap, Tenaga Kontrak, dan Peneliti Silahkan isi form registrasi account INA. Form dapat diperoleh melalui administrator jaringan di Unit Kerja masing-masing.
Setelah diisi, serahkan kembali form tersebut kepada administrator jaringan. Form akan diinput ke sistem account INA setelah administrator menyerahkan form tersebut ke Kantor AI3 ITB. Sistem akan mengirimkan notifikasi via email jika account INA telah selesai dibuat.
Mahasiswa Baru
(S1, S2, S3)
Silakan ikuti kegiatan ATLAS yang merupakan sarana pengenalan fasilitas dan layanan internet ITB. Dalam kegiatan tersebut akan dipandu tentang tata cara melakukan registras account INA.
Mahasiswa Lama (S1, S2, S3) Silahkan akses halaman registrasi dan ikuti petunjuknya.
Tamu Account tamu hanya diperuntukkan bagi yang tidak terdaftar sebagai mahasiswa, karyawan, dosen, tenaga kontrak, dan peneliti ITB. Akun tamu harus disponsori oleh Unit Kerja terkait.Sponsor dapat mengisi form  berikut untuk meminta account INA bagi tamunya.

 

Penggunaan

Gunakan account INA untuk :

  • Mengakses jaringan internet ITB
  • VPN dari jaringan non ITB ke jaringan ITB
  • Mengakses layanan telepon digital
  • Mengakses email mahasiswa (@students.itb.ac.id)

Informasi Kontak

Email: nicadm@itb.ac.id
Lokasi: Kantor AI3-ITB, Gedung Litbang, Lt. 4.
Jam Operasional:
Senin – Jumat: 09:00-16:00

Tentang Layanan Akses Internet ITB

Layanan Akses Internet merupakan layanan yang diberikan ITB untuk mengakses Internet dari jaringan ITB. Untuk dapat menggunakan Layanan Akses Internet, user harus memiliki akun INA dalam kondisi aktif. Silahkan lakukan:

  1. Membaca syarat dan ketentuan penggunaan Layanan Akses Internet, sebelum menggunakan layanan tersebut.
  2. Melakukan setting proxy sesuai device yang dimiliki.

Untuk yang mengakses Internet menggunakan Telepon Seluler, Smartphone, dan sejenisnya, lakukan konfigurasi Proxy di menu konfigurasi sambungan Wi-Fi (atau ada juga yang menggunakan istilah Access Point).

  • Cari menu untuk konfigurasi Proxy Server, lalu isikan cache.itb.ac.id untuk proxy server dan8080 untuk port number, atau jika tidak ada untuk mengisi port yang terpisah bisa tuliskancache.itb.ac.id:8080 untuk proxy server.
  • Untuk perangkat ponsel yang memungkinkan konfigurasi proxy otomatis bisa mengisikan htp://nic.itb.ac.id/proxy.pac di kolom isian script konfigurasi.